WhatsApp Image 2018-02-12 at 12.39.35

Workshop Penyusunan Soal USBN 2018 Gugus IX Imam Bonjol

Hari ini (10/02) bertempat di Ruang Meeting Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta, guru-guru kelas 6 beserta kepala sekolah yang tergabung dalam Gugus IX Imam Bonjol UPT Pendidikan Kec. Laweyan mengikuti kegiatan Penyusunan Soal USBN 2018. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi dan workshop yang dilaksanakan pekan kemarin di UPT Pendidikan.

Dalam arahannya, Pengawas Gugus IX, Hartoyo, M.Pd. menuturkan, “Bahwa Ujian Sekolah Berstandar Nasional tahun 2018 ada beberapa perubahan yang harus dipahami dan disikapi dengan baik. Sesuai POS yang sudah diturunkan dari Kemendikbud, jumlah dan bentuk soal ada perubahan. Semisal untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun lalu 50 butir soal semua pilihan ganda. Tahun ini berubah menjadi 40 butir soal pilihan ganda, dan 5 butir soal uraian. Kemudian kisi-kisinya tiap mapel tahun ini bersifat umum, sehingga cakupan penyampaian materinya juga lebih luas. Adapun pelaksanaanya USBN untuk SD/MI, Kamis-Sabtu, 3-5 Mei 2018. Mari, bangun kerjasama dengan orangtua siswa dalam menyukseskan persiapan pelaksanaan kegiatan USBN.”

Usai mendapatkan pengarahan, guru-guru kelas VI dari keempat sekolah dasar tersebut berkumpul untuk membahas hal-hal teknis. Salah satunya adalah terkait pembuatan paket soal (Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam). Untuk lebih menambah latihan siswa, disepakati untuk membuat 2 paket soal. Satu paket untuk dikirim ke Dinas Pendidikan, satu paket lagi akan digunakan sebagai try out tingkat gugus.

Sementara Koordinator Guru Paralel Kelas 6 SDIT Nur Hidayah, Yuyun Yuningsih, S.Pd menuturkan “Perubahan kisi-kisi soal, bentuk soal, maupun waktu pelaksanaan yang lebih awal dibanding tahun lalu, harus kita sikapi dengan baik. Kami mulai membekali siswa sejak awal semester 1, mengacu pada ketentuan tahun lalu sebelum ketentuan baru keluar beberapa waktu lalu. Tadi pesan terkait pembelajaran harus meliputi level pemahaman, penalaran, dan aplikasi tentu sangat diperhatikan, kami telah dan terus berupaya mewujudkan hal tersebut.”

Waka Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi, S.Pd menyampaikan, “Sekolah menjalin kerjasama dengan Orangtua terkait kegiatan-kegiatan kelas 6. Salah satunya pengadaan konsumsi siswa saat kegiatan bimbingan belajar. Di setiap awal semester ada pertemuan dengan walimurid untuk menyosialisasikan kegiatan semester itu. Kemudian ada dua kali pengajian keluarga dan sharing informasi dalam setiap semesternya. Menjelang pelaksanaan USBN nanti insya Allah diagendakan Doa Bersama. Mudah-mudahan ikhtiar-ikhtiar itu memudahkan para siswa meraih prestasi yang terbaik.”

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *