22549573_1302719756504046_1290494220538481446_n

Kelas 2B Belajar Musyawarah dan Voting

Ada yang berbeda di pembelajaran siswa-siswi kelas 2B hari ini (27/01). Usai kegiatan majelis pagi, mereka mengikuti kegiatan Apresiasi Seni Islam (ASI). Diawali dari cerita sirah Rasulullah SAW tentang Meninggalnya Rasulullah dan dipilihnya Abu Bakar Ash-Shidiq sebagai Khalifah.

Ustadzah Reni Agustin Priyatiningrum, selaku Wali Kelas 2B menyampaikan betapa bagusnya akhlaq kaum anshar yang menerima pidato anjuran Abu Bakar agar memilih khalifah dari kaum Muhajirin dengan keutamaan-keutamaannya. Ustadzah Reni menjelaskan pula bahwa Abu Bakar RA menangis ketika terpilih menjadi khalifah.

“Mengapa Abu Bakar menangis?” tanya Ustadzah Reni. “Menangis karena senang, Us!” jawab salah satu siswa. Siswa lainnya menjawab “Karena terharu, Us.” Maka Ustadzah Reni menyampaikan bahwa Abu Bakar Ash Shidiq menangis karena mengerti betul betapa besar tanggung jawab seorang pemimpin. Ustadzahpun melanjutkan kisah hingga selesai.

Belajar dari kisah tersebut, siswa dipahamkan terkait musyawarah. Mereka pun mempraktikkan untuk bermusyawarah memilih ketua kelas. Dari musyawarah tersebut terpilihlah 3 calon : Zulfa, Hauzan dan Ahnaf. Tahap selanjutnya para siswa belajar tentang voting. Diawali dengan pembagian kertas (surat suara), para siswa menulis salah satu nama dari ketiga calon tersebut.

Sebelum penghitungan suara dimulai, ditunjuklah 1 petugas untuk membaca kartu suara, 1 petugas menjadi saksi, satu petugas pencatat, dan 1 petugas menjadi juru sobek kertas suara yang telah terbaca agar tidak terhitung ulang. Hasil penghitungan total suara yang diperoleh 30 suara termasuk 2 suara rusak karena nama yang tercantum adalah nama selain nama calon yang sudah ditentukan.

Oleh karena jumlah siswa yang hadir adalah 24 siswa sehingga ada selisih 6 suara yang tidak sah. Dengan melakukan beberapa evaluasi bersama maka votingpun diulang. Pada voting ke-2 ini diperoleh hasil Zulfa: 11 suara, Ahnaf: 7 suara dan Hauzan: 4 suara. Ada 2 suara lain rusak karena tulisan tidak jelas. Sehingga total suara 24 (sesuai dengan jumlah siswa yang hadir). Gegap gempita seruan takbir di kelas 2B menyambut Mbak Zulfa sebagai ketua kelas, disusul mas Ahnaf sebagai sekretaris dan mas Hauzan sebagai bendahara.

Dalam rilisnya, Ustadzah Reni menyampaikan Dengan kegiatan ini para siswa dapat belajar tentang musyawarah dan voting pada masa sahabat Rasulullah. Kedudukan dan tanggung jawab pemimpin, musyawarah dan voting. Hal ini sesuai dengan materi pembelajaran PKn kelas 2 Tema 5 tentang pengamalan sila ke-4 Pancasila di sekolah.

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *