WhatsApp Image 2018-01-13 at 09.01.34

Kelas 6 Gelar Manasik Haji

Labbaik Allahumma Labbaik

Labbaika Laa Syarikalaka Labbaik

Innalhamda wa ni’mata laka wal mulk

La Syari kalaka

 

Pagi ini cuaca sangat sejuk. Jejak-jejak hujan semalam masih nampak di rerumputan maupun jalan aspalan yang masih lembab basah. Tidak terkecuali di sekitaran Asrama Haji Donohudan. Mentari masih malu-malu menampakkan diri. Belum memberikan kehangatan pada semesta.

 

Kondisi itu tak menjadikan bermalasan untuk beraktivitas. Termasuk puluhan siswa-siswi yang berduyun-duyun datang diantar orang tuanya ke Asrama Haji Donohudan. Mereka tampak gagah sholih anggun sholihah dengan pakaian serba putih. Senyum mengembang saat bersalaman dan disambut oleh guru pendamping yang juga berkostum putih. Selanjutnya mereka saling menyapa, bersalaman, berbaur dengan teman-temannya.

 

Ya, hari ini (13/01) sejumlah 144 siswa/siswi SDIT Nur Hidayah Surakarta akan mengikuti kegiatan Manasik Haji. Terlihat para siswa kelas 6 bershaf di masjid donohudan. Pagi itu, mereka bersiap akan melaksanakan manasik haji. Setelah merapikan pakaian ihrom mereka duduk rapi bershof di serambi Masjid Al-Mabrur mendengarkan penjelasan alur manasik dari pembimbing. Mereka tampak antusias mendengarkan penjelasan.

 

Usai penjelasan teknis, praktik manasikpun dimulai. Setiap siswa sesuai kelompok halaqohnya bersama pementor masing-masing melalui tahapan demi tahapan prosesi manasik haji. Mulai berkumpul di Bir Ali (mengambil miqot) dengan mengucapkan niat umroh dengan membaca talbiyah sampai Mekkah. Setelah melihat Ka’bah menggantinya dengan doa dan thawaf qudum sebelum tgl 8 dzulhijah dan melakukan prosesi ibadah lainya.

 

Setelah itu, peserta menuju Mina melakukan Tarwiyah niat haji Labaika Hajjan. Dilanjutkan menuju Arofah untuk wukuf dengan mendengarkan Khutbah yang disampaikan Ustadz Haryono, SP.d. Setelah itu, peserta menuju Muzdalifah  untuk mabit dan mengambil kerikil. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Mina persiapan lempar jumroh ke 1 di 10 dzulhijah jumroh Aqobah, kembali ke Mina untuk mabit dan melakukan penyembelihan qurban “Allahu Akbar, Allahu Akbar Allahu Akbar”.

 

Selanjutnya, pada 11 dzulhijah dilanjut lempar jumroh ke 2. Kemudian sebelum 13 dzulhijah melakukan thawaf ifadhoh dengan bebagai ibadah di dalamnya. Kemudian menuju Bukit Shofa dan melakukan Sa’i, setelah selesai proses ibadah di Bukit Marwa. Selanjutnya melakukan Tahallul yang merupakan prosesi ibadah haji terakhir.

 

Koordinator kegiatan, Ust. Darussalam menyampaikan harapannya, “Semoga dengan manasik haji ini, semakin memotivasi para siswa untuk menguatkan niat untuk menyempurnakan rukun Islam. Memenuhi panggilan mulia beribadah di Baitullah, yang merupakan kerinduan umat muslim.”

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *