Nominasi Sekolah Keren Kemendikbud

SDIT Nur Hidayah Raih Apresiasi Sekolah Keren

Satu lagi prestasi membahagiakan ditorehkan oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta. Kali ini perlombaan yang diikuti adalah Lomba Sekolah Keren yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Diikuti oleh 154 sekolah dari berbagai daerah seluruh jenjang PAUD, SD/SDLB, SMP, SMA, PKBM.

WhatsApp Image 2017-08-10 at 10.31.36

Setelah melalui penjurian, akhirnya SDIT Nur Hidayah termasuk diantara 21 sekolah yang terpilih sebagai Sekolah Keren. Kegiatan berlangsung, Selasa-Kamis, (8-10/08/2017) di Mercure Hotel dan Puncak Apresiasi Pendidikan Keluarga 2017 digelar di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kemendikbud RI, DR. Sukirman, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa fokus program pembinaan pendidikan keluarga meliputi; 1) adanya kolaborasi positif antara wali kelas dan orang tua, 2) adanya kelas orangtua, dengan diadakan parenting pengasuhan anak, musyawarah POMG untuk kebaikan pendidikan dengan gotong royong, 3) kelas inspirasi, dengan melibatkan orangtua dengan beragam latar belakang profesi menjadi sumber belajar, atau saat upacara bendera menghadirkan Koramil, Polsek berbicara tentang bela negara, dll., 4) adanya pentas akhir tahun. Orangtua hadir, mengapresiasi pentas minat bakat putra putrinya. Setiap siswa ditantang buat karya yang nantinya akan ditunjukkan kepada orang tua. Menumbuhkan motivasi siswa berkreasi dan berinovasi. Memberi apresiasi akademik dan non akademik, misal sebagai ketua kelas, juara puisi, juara olahraga, dll.

Kepala SDIT Nur Hidayah, Waskito, S.Pd yang hadir dan menerima langsung penghargaan dari Kemendikbud, menuturkan, Kita sungguh bersyukur dengan anugerah ini. Walaupun persiapan lomba hanya 3 hari, tapi alhamdulillah hasilnya maksimal. Ada empat kategori lomba dalam Apresiasi Pendidikan Keluarga 2017, yakni Lomba Sekolah Keren, Lomba Film Pendek Fiktif dan Dokumenter, Lomba Jurnalistik Peduli Keluarga, dan Apresiasi Orangtua Hebat.

Waka Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi menuturkan, ada 4 indikator yang dinilai dalam Lomba Sekolah Keren. Pertama, sekolah telah melaksanakan program-program yang melibatkan keluarga, masyarakat, alumni, seperti kegiatan POMG, kelas inspirasi, pentas karya seni akhir tahun, jajanan sehat, sekolah hijau. Kedua, sekolah telah melaksanakan program-program terkait pencegahan kekerasan, penyalahgunaan narkoba, HIV/AIDS, pergaulan bebas, atau masalah anak lainnya. Ketiga, sekolah mempunyai program-program yang dirancang dan dilaksanakan oleh siswa. Keempat, sekolah mempunyai program yang melibatkan orangtua, anak, masyarakat, yang berdampak positif bagi satuan pendidikan lainnya.

Kita berharap dengan apresiasi ini semakin mengokohkan kerjasama antara tiga pilar utama pendidikan, yakni sekolah, keluarga, dan masyarakat. Layanan pendidikan semakin prima, prestasinya semakin gemilang, demi kemajuan dan kemuliaan bangsa.

Surakarta, 10/08/2017
an. Kepala SDIT Nur Hidayah
Waka Humas

Rahmat Hariyadi, S.Pd⁠⁠⁠⁠

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *