WhatsApp Image 2017-03-25 at 11.15.47

Wow…Serunya Buat Aquarium Kardus

Pagi itu cuaca sangat cerah. Mentari menyapa semesta dengan ramahnya. Seceria siswa-siswi kelas 3 SDIT Nur Hidayah Surakarta yang pagi ini (Sabtu, 25/03/2017) akan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka.

Mereka tampak gagah dengan seragam pramukanya. Tidak lupa mereka juga membawa barang bekas, bahan dan alat yang akan mereka gunakan hari ini. Ada kardus bekas, lem, gunting, kancing baju, benang, kertas HVS, crayon/pensil warna, mika bening, cutter, steper, dan lainnya. Mereka akan membuat prakarya berupa aquarium kardus.

Salah satu siswa kelas 3, Malik Farhan Nasrulaah (8) yang bercita-cita ingin jadi penghafal Al-Qur’an menuturkan, “Wow…seru juga buat aquarium dari kardus. Alhamdulillah, akhirnya kelompokku berhasil juga buatnya. Ternyata cukup susah, perlu sabar dan kerjasama dengan teman-teman. Walaupun susah, kami tertantang untuk menyelesaikan. Ternyata juga melatih kreavitas kami.”

Siswa lainnya, Jianka Arkhadiva (9), menuturkan pengalamannya, “Baru pertama Aku membuat aquarium dari kardus bekas. Mula-mula kita membuat jendela pada kardus di sisi depan, samping kanan, dan samping kiri memakai cutter. Lalu jendelanya dilapisi dengan mika bening. Sebagian siswa membuat hewan-hewan laut seperto ikan, hiu, gurita, kuda laut, ubur-ubur, dan lainnya dari kardus yang dilapisi kertas HVS dan sudah digambar dan diwarnai. Sementara siswa lainnya membua wallpaper atau background dengan kertas HVS dengan gambar dunia bawah laut. Setelah itu hewan-hewan laut tersebut ditali dengan benang lalu digantungkan pada bagian atas aquaium dengan diikat pada kancing baju supaya tidak mudah lepas. Aquarium dari kardus besarpun sudah bisa dilihat sebagai hasil kreativitas kami.

Kak Firli Khoirul Rachmadani, salah satu pembina pramuka, menuturkan” Tujuan dari kegiatan ini untuk membangun kerjasama tim, melatih kreativitas dalam keceriaan. Kegiatan pramuka ini dilakukan setiap Sabtu. Tidak hanya hasta karya, tetapi juga pengetahuan, sikap ketangkasan, yang mesti mereka capai di pramuka siaga. Ada baris berbaris, shemapor, sandi, tali temali, memasak, dan lainnya.”

Waka Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi, menuturkan
“Dengan membuat hasta karya ini siswa diharap terlatih daya imajinasi dan kreativitasnya yang pada akhirnya juga melahirkan kemandirian siswa. Siapa tahu dari inspirasi sederhana ini akan memantik potensi kreativitas mereka untuk terus berkarya. Bahkan bukan tidak mungkin mereka mampu mencipta alat dan teknologi yang tepat guna bagi kemaslahatan ummat manusia. Harapannya jiwa pramuka sejati tertanam dalam diri sebagai bekal mengabdi untuk negeri.”

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *