84eb138f-ffbd-4134-9bf5-312026e032a1

Talkshow Parenting POMG Kelas 3 dan 4

Cuaca cukup mendung dan hujan gerimis sempat mengguyur beberapa waktu. Tak lama gerimis reda, mentaripun mulai menyapa walau temaram. Nampak ratusan orangtua dengan berpakaian muslim/ah berduyun-duyun menuju ke Nur Hidayah Convention Centre (NHCC). Mereka tampak ceria disambut hangat oleh guru karyawan yang bertindak sebagai panitia.

Ya, hari ini, Sabtu (11/03/2017), mereka akan mengikuti Talkshow Parenting untuk Orangtua Siswa kelas 3 dan kelas 4 SDIT Nur Hidayah. Kegiatan yang bertajuk “Pengaruh Gadget di Masa Pra Balik dan Solusi Cerdasnya” ini diikuti 284 wali murid dan guru paralel kelas 3 dan 4. Bertindak sebagai pembicara adalah Ustadzah Savitri Dewi, Psi yang berkecimpung di dunia psikologi anak dan remaja dari Salatiga.

Sebelum acara inti talkshow, peserta disuguhi tampilan Tari Saman oleh siswa-siswi kelas 4. Selain itu juga ada pemaparan hasil angket dari siswa terkait penggunaan gadget dan media sosial oleh siswa-siswi kelas 3 dan 4.

Dalam pemaparannya, pembicara menuturkan bahwa ada beberapa tips agar anak tidak kecanduan gadget; a) jangan belikan gadget pribadi untuk anak, b) buat aturan atau jadwal jika anak harus menggunakan gadget milik orangtua, c) perbanyak waktu untuk berinteraksi dengan anak, ajak anak melakukab aktivitas fisik yang menarik bagi anak, d) alihkan kegemaran anak dari gadget ke buku, e) hindari penggunaan gadget di depan anak.

Salah satu wali murid peserta talkshow, Rita Hartati, menyampaikan pengalamannya, “Saya punya anak yang sekarang duduk di kelas 4 SD dan kakaknya duduk di kelas 3 SMA. Kedua-duanya tidak saya pegangi HP. Karena menurut saya banyak sisi negatifnya daripada nilai positifnya. Ketika mereka butuh berkomunikasi dengan teman sekolahnya menggunakan HP saya. Tetapi ia pernah bercerita bahwa temannya pernah mengejek “kuper”, “jadul”, anak SMA kok belum punya HP sendiri. Akhirnya sama mesti berdialog dan memahamkan baik buruknya gadget.”

Waka Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi, menuturkan bahwa kegiatan ini dalam rangka untuk mengedukasi guru dan orangtua siswa dalam rangka menangkal pengaruh negatif dari penggunaan gadget. Kita berharap orangtua akan lebih bijak dalam mendampingi buah hatinya termasuk ketika mereka menggunakan gadget dan medsos. Serta tentunya terus meningkatkan sinergi pendidikan di sekolah dan di rumah, dalam menyukseskan pendidikan karakter yang menjadi visi sekolah.

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *