661450493686manasik-600x400

Siswa Kelas 6 Antusias Ikuti Manasik Haji

Labbaikallahumma labbaik….
Labbaikalaa syarikala labbaik….
Innalhamda wa ni’mata lakawalmulk
Laasyarikalah

Gema doa talbiyah terdengar di sekitaran area manasik di kompleks Asrama Haji Donohudan. Pagi itu [Kamis, 02/03/2017] sejumlah 144 siswa-siswi SDIT Nur Hidayah beserta beberapa guru pembimbing mengikuti kegiatan manasik haji. Berpakaian ihram serba putih, mereka tampak khuyuk membaca doa dan mengikuti rukun-rukun ibadah haji.

Sapaan lembut mentari pagi itu menambah semangat mereka untuk berlatih menjadi tamu-tamu Allah yang penuh kemuliaan. Mereka melakukan serangkaian ibadah haji, seperti halnya wukuf di arofah, thowaf, melempar jumroh ula wustho aqobah, lalu sa’i dari bukit shofa ke bukit marwa. Sesekali tampak diantara peserta mengusap keringat di wajahnya.

Salah satu peserta manasik, Davin Ahmad Rajendra, 12, menuturkan pengalamannya, “Baru sekali ini ikut l kegiatan manasik haji. Suasananya seakan seperti di Mekah. Ikut larut dalam doa dan rukun-rukun hajinya. Walaupun masih SD, menambah niat untuk memenuhi panggilan mulia, menunaikan ibadah haji.”

Sementara salah satu guru pembimbing, Susilowardhani, S.Pd. menyampaikan, “Kegiatan ini bertujuan untuk mempraktikkan materi tentang ibadah haji yang telah mereka dapatkan di kelas. Dengan mengenakan pakaian ihram dan praktik langsung bagaimana wukuf, thowaf, lempar jumroh, sa’i dan lainnya akan memberikan pengalaman yang lebih bermakna. Harapannya ghiroh semangat siswa untuk menyempurnakan rukun Islam semakin menggelora dalam jiwa.”

Waka Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi, S.Pd, menuturkan, “Kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap tahun sejak empat tahun lalu untuk siswa-siswi kelas 6. Tentu tahun ini terasa lebih spesial, karena bersamaan dengan kehadiran kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi, Pelayan kota suci, Mekkah Al Mukarromah dan Madinah Al Munawwarah. Meskipun berjauhan tempat tentu spirit untuk memuliakan tamu negara dan ummat, kita wujudkan dengan kegiatan manasik haji.”

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *